17 September, 2021

SMP Negeri 23 Kota Bekasi

Membentuk Siswa Berkualitas, kompetitif dan berakhlak Mulia

Tips Sukses Mengikuti Kegiatan Belajar Dari Rumah

Admin, smpn23kotabekasi.sch.id

Tahun pelajaran 2020/2021 dimulai pada tanggal 13 Juli 2020. Awal tahun pelajaran ini dimulai dengan suasana berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan belajar mengajar di laksanakan dengan moda daring dan kombinasi daring-luring di sebagian besar wilayah Indonesia. Banyak cerita beredar di obrolan media sosial tentang hal ini. Mulai dari harapan, kritikan maupun candaan.

Mengapa harus BDR? Mengingat pandemi virus corona yang belum menunjukkan tanda-tanda mereda, maka pemerintah mengambil kebijakan untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan Belajar Dari Rumah (BDR) yang sebenarnya telah mulai dilaksanakan sejak bulan April 2020.

ruang kelas
Suasana ruang kelas saat BDR

Apa saja kendala dan hambatan kegiatan BDR? Dari pengalaman pelaksanaan kegiatan BDR selama bulan April-Juni, ada beberapa kendala/hambatan dalam pelaksanaan kegiatan ini, antara lain :

  1. Siswa dan guru belum terbiasa dengan sistem pembelajaran jarak jauh.
  2. Kendala sarana dan prasarana, masih terdapat beberapa siswa yang terkendala dengan sarana/prasarana pembelajaran jarak jauh moda daring seperti tidak tersedianya perangkat IT, dan minim kuota

Seiring berjalannya waktu pelaksanaan BDR harus mulai disikapi dengan bijak oleh guru, orang tua dan siswa. Dari sisi siswa dan orang tua kegiatan ini memang banyak memerlukan trik untuk dapat dilaksanakan dengan baik.

Sekedar untuk sumbang saran dan pemikiran, admin mencoba menyajikan tip dan trik dalam melaksanakan kegiatan BDR.

  1. Persiapkan diri sebelum mengikuti BDR seakan kita berada di sekolah/kelas seperti : bangun pagi, mandi, dan bila perlu kenakan pakaian seragam, persiapkan peralatan belajar, pilih lokasi BDR yang paling nyaman dan sesuai (kamar/ruang tamu/teras) dll. Persiapan awal ini penting untuk menanamkan pada diri kita bahwa walaupun tetap berada di rumah kita akan melaksanakan kegiatan belajar yang resmi, sehingga akan mengurangi rasa malas.
  2. Ikuti kegiatan BDR sesuai jadwal yang diberikan oleh sekolah, usahakan untuk tidak menunda tugas atau materi BDR, karena penundaan tugas akan menyebabkan pekerjaan kita bertumpuk dengan tugas yang lain, apalagi kalau sampai bertumpuk dengan tugas keesokan harinya.
  3. Pergunakan berbagai sumber belajar baik daring maupun luring sebagai pengganti penjelasan guru yang mungkin tidak bisa maksimal seperti ketika belajar secara tatap muka. Manfaatkan mesin pencari seperti google.com, yahoo.com dll sebagai sarana untuk menemukan sumber belajar dari internet. Kita juga dapat memanfaatkan sumber belajar luring seperti buku paket, buku penunjang, bertanya pada ayah/ibu/kakak dll. Kunci utama disini adalah kita harus rajin membaca dan ulet/bekerja keras, karena kita harus menemukan penyelesaian tugas secara mandiri.
  4. Semaksimal mungkin gunakan media komunikasi dengan guru atau rekan sekelas untuk berdiskusi tentang tugas yang belum terselesaikan misalnya melalui whatsapp, dan forum chatting pada media yang dipergunakan dalam BDR. Karena setiap platform untuk BDR misalnya : google classroom, moodle, quipper dll di lengkapi dengan fasilitas chatt untuk berdiskusi.
  5. Bagi kalian yang memang sangat terkendala dalam mengikuti BDR secara daring misalnya karena memang tidak memiliki perangkat HP/laptop, jangan berkecil hati, hubungi wali kelas/guru mata pelajaran kalian untuk membicarakan masalah tersebut, dan mintalah tugas BDR secara luring menggunakan kertas. Dalam hal ini memang perlu keuletan dan kerja keras kalian untuk belajar secara jarak jauh, namun yakinlah bahwa kegiatan ini akan sangat bermanfaat kelak untuk masa depan kalian.
  6. Kegiatan BDR dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan semakin menyebarnya virus corona, oleh karena itu jangan manfaatkan waktu luang kalian dirumah dengan bermain dengan teman tanpa mengikuti protokol kesehatan. Tetap gunakan masker, dan jaga jarak ketika kalian terpaksa harus keluar rumah.