17 September, 2021

SMP Negeri 23 Kota Bekasi

Membentuk Siswa Berkualitas, kompetitif dan berakhlak Mulia

PKKS SMP Negeri 23 Kota Bekasi

smpn23kotabekasi.sch.id, 18 Maret 2021.

Kamis 18 Maret 2021 bertempat di ruang guru SMP Negeri 23 Kota Bekasi telah dilaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) tahun 2020. Kegiatan ini memang sempat tertunda karena kondisi pandemi, yang seharusnya dilaksanakan pada akhir 2020.

Kegiatan PKKS merupakan satu kegiatan untuk menilai kinerja Kepala Sekolah selama satu tahun berjalan. Kegiatan ini menjadi sebuah kegiatan rutin sebagai bagian dari bentuk akuntabilitas atau pertanggungjawaban kinerja Kepala Sekolah selama menjalankan tugasnya dalam kurun waktu satu tahun.

suasana kegiatan PKKS

Dalam Kegiatan PKKS, kinerja Kepala Sekolah dinilai dari 4 aspek yaitu : Manajerial, Supervisi, Kewirausahaan dan PKB. Keempat unsur tersebut merupakan jabaran dari tugas pokok dan fungsi Kepala Sekolah. Dalam Kegiatan ini Dinas Pendidikan Kota Bekasi selaku institusi yang berwenang melakukan PKKS menugaskan 2 orang Pengawas selaku assessor (tim penilai) yaitu Ibu Dra. Hj. Ade Mutiarawati, M.Pd dan Bapak H. Yana Suptiana, M.Pd.

Penilaian dalam PKKS didasarkan pada penilaian dokumen/bukti fisik dan wawancara dengan stakeholder sekolah. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan gambaran kinerja Kepala Sekolah secara lebih menyeluruh. Tim Penilai PKKS antara lain mewawancarai unsur guru, siswa, tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan perwakilan Komite Sekolah. Kegiatan wawancara dilakukan dengan teknik pengisian kuesioner.

Assessor sedang menyebarkan kuesioner untuk perwakilan siswa

Semoga dengan kegiatan PKKS ini dapat menjadi tambahan motivasi untuk Kepala Sekolah, Guru, Staf Administrasi dan stakeholder lain di sekolah untuk meningkatkan pelayanan dan pengabdiannya, sehingga kualitas pendidikan di SMP Negeri 23 Kota Bekasi dapat lebih meningkat lagi.